3 dari 13 Sungai Di Germany

1. Sungai Donau

(Bahasa Jerman Donau, Bahasa Bulgaria Дунав (Dunav), Bahasa Inggris Danube, Bahasa Yunani Ister, Bahasa Hungaria Duna, bahasa Latin Danuvius atau Danubius, Bahasa Romania Dunărea, bahasa Serbia dan Bahasa Kroasia Dunav, Bahasa Slowakia Dunaj, Bahasa Ukraina Dunay), adalah sungai terpanjang di Eropa setelah Sungai Volga.

Nama “Donau” dipinjam dari bahasa Belanda dan bahasa Jerman.

Sungai ini adalah satu-satunya sungai Eropa yang besar yang mengalir dari barat ke timur. Sumbernya berada di Jerman di Hutan Hitam (Schwarzwald). Panjang sungai ini adalah sekitar 2.850 km, menuju Laut Hitam di Rumania, terletak di delta Donau.

Karena cukup lebar dan dalam, Sungai Donau dipakai untuk lalu-lintas kapal barang yang penting. Di bagian hulu, di wilayah Jerman, telah dibangun terusan yang menghubungkannya dengan Sungai Rhein melalui Sungai Main.

Secara keseluruhan terdapat sepuluh negara yang dilaluinya: Austria, Bulgaria, Kroasia, Jerman, Hongaria, Moldavia, Slowakia, Rumania, Ukraina, Serbia dan Montenegro, dan memiliki anak sungai di tujuh negara lainnya. Sungai ini mengalir melalui kota-kota berikut:

  • Ulm – Jerman
  • Weltenburg – Jerman
  • Valhalla – Jerman
  • Mauthausen – Austria
  • Wina – Austria
  • Bratislava – Slowakia
  • Budapest – Hongaria
  • Beograd – Serbia
  • Gyurgevo – Rumania
  • Nikopol – Bulgaria
  • Izmail – Ukraina

Setelah selesai dibangunnya kanal Rhein-Main-Donau pada tahun 1992, sungai ini menjadi bagian daripada jalan air dari Rotterdam di Belanda di tepi Laut Utara sampai Sulina di tepi Laut Hitam (3.500 km).

Pada tahun 1999, transportasi di sungai ini dipersulit dengan dibom tiga jembatan oleh NATO di Serbia. Pembersihannya baru selesai pada tahun 2002.

Sungai Donau juga merupakan judul sebuah waltz oleh komponis Austria Johann Strauss, An der schönen, blauen Donau (Di tepi sungai Donau yang indah dan biru).

2. Sungai Iller

(nama kuna Ilargus) adalah sebuah sungai di Bayern, Jerman. Sungai ini merupakan anak sungai Donau yang mengalir ke kanan. Panjangnya adalah 147 kilometer.

Sumber terletak dekat Oberstdorf di wilayah Unterallgäu dekat Pegunungan Alpen, sekitar perbatasan Austria. Dari sana sungai mengalir ke arah utara, melewati kota Sonthofen, Immenstadt, dan Kempten. Antara Lautrach dekat Ulm dan Memmingen membentuk perbatasan antara dua negara bagian Jerman: Bayern dan Baden-Württemberg untuk sekitar 50 km. Lalu sungai mengalir ke sungai Donau di kota Ulm.

Sungai Iller memiliki daerah aliran 2.152 km². Ini peringkat sebagai ketujuh dari semua sungai di Bayern dengan curah air rata-rata 75 m³ per detik di Senden, jarak pendek hulu dari Donau. Kekuatan sungai digunakan untuk membangkitkan listrik tenaga air dari delapan pembangkit listrik dengan total kapasitas netto 51 MW (1998).

Sebuah jalur sepeda mengikuti Sungai Iller, yang juga merupakan lokasi yang populer untuk rafting dan trekking.

3. Sungai Rhein


Dengan panjang 1.230 km, Sungai Rhein (Perancis: Rhin, Belanda: Rijn) ialah salah satu sungai terpanjang di Eropa. Namanya berasal dariKeltik “renos” (artinya “arus yang tinggi”). Bersama dengan Sungai Donau membentuk banyak perbatasan utara Kekaisaran Romawi dan sejak saat itu telah menjadi jalur air vital yang bisa dilayari, memengaruhi perdagangan di pedalaman.

Sungai Rhein berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss wilayah Graubünden, di mana 2 anak sungai awalnya disebut Vorderrhein danHinterrhein. Vorderrhein (Rhein Depan) lepas dari Danau Tuma dekat celah Oberalp dan melewati Ruinaulta (Tebing Besar Swiss). Hinterrhein (Rhein belakang) mulai dari gletser Firdaus dekat Rheinquellhorn di batas selatan Swiss. Kedua anak sungai bertemu dekat Reichenau, tetap diGraubunden.

Saat meninggalkan Graubuenden, Sungai Rhein mengalir ke utara membentuk perbatasan dengan Liechtenstein dan lalu Austria, dan kemudian bermuara ke Danau Constance. Sungai Rhein kemudian muncul lagi, mengalir ke barat, terutama pada perbatasan antara Swiss danJerman, jatuh di air terjun Rhein, disusul dengan Sungai Aar yang lebih dari 2 kali volume airnya, dan lalu berbelok ke utara di Basel dan membentuk bagian selatan perbatasan antara Jerman dan Perancis di lembah yang luas, sebelum memasuki Jerman semata.

Dengan lebih dari 1.000 km, Sungai Rhein ialah sungai terpanjang terutama Jerman. Di sinilah Sungai Rhein bertemu dengan sejumlah anak sungai utamanya, seperti Neckar, Main dan Moselle.

Antara Bingen dan Bonn, Sungai Rhein mengalir melewati Jurang Rhein, pembentukan yang tercipta dengan erosi, yang terjadi pada tingkat hampir sama sebagai pengangkatan di daerah itu, meninggalkan sungai pada kira-kira tingkat aslinya, dan tanah di sekelilingnya terangkat. Jurang ini secara cepat naik, dan merupakan bagian sungai yang dikenal dengan kastil dan kebun anggurnyayang banyak.

Meski banyak industri bisa ditemukan sepanjang Sungai Rhein sampai ke Swiss, itu ada di daerah Ruhr yang bagian terbesarnya terkumpul, dengan seluruh aliran — utamanya di antaranya Ruhrsendiri — mengalir ke Sungai Rhein, menyebabkan bertambah meski tetap ada polusi.

Sungai Rhein membelok ke barat ke Belanda, di mana bersama dengan Meuse membentuk delta yang luas. Melintasi perbatasan ke Belanda, Sungai Rhein melebar, namun sungai itu kemudian terpecah menjadi 3 anak sungai utama: IJssel, Waal dan Nederrijn. Dari sini keadaan menjadi lebih ruwet, seperti nama “Rhein” tak lama bertepatan dengan aliran utama air. Kebanyakan air Sungai Rhein mengalir lebih lanjut ke barat melewati Sungai Waal dan kemudian melewati Nieuwe Waterweg dan, bergabung dengan Meuse, melewati Hollands Diep dan muara Haringvliet ke Laut Utara. Cabang Sungai IJssel membawa bagian airnya ke utara memasuki IJsselmeer saat aliran Sungai Nederrijn mengalir paralel ke barat ke Sungai Waal.

Bagaimanapun, melewati Wijk bij Duurstede aliran air ini berubah namanya dan menjadi Lek. Mengalir lebih lanjut ke barat bergabung lagi dengan aliran utama ke Nieuwe Waterweg. Nama “Rhein” dari sini digunakan hanya buat lanjutan aliran yang lebih kecil ke yang bersama sekali membentuk sungai utama Rhein di masa Romawi. Walau mereka tetap memakai nama itu, aliran ini tak membawa air dari Sungai Rhein, namun digunakan mengaliri tanah sekeliling dan polder. Dari Wijk bij Duurstede, cabang utara tertua Sungai Rhein disebut Kromme Rijn (“Lekukan Rhein”) dan lewat Utrecht, pertama Leidse Rijn (“Leiden Rhein”) dan kemudian Oude Rijn (“Rhein Kuno”). Aliran terakhirnya ke barat lewat Leiden ke dalam pintu air, di mana airnya bermuara ke Laut Utara.

Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: